Gempa Bumi Belum Berhenti Guncang Tanah Sikerei

Peta Gempa Segmen Megathrust Mentawai-Siberut
Peta Gempa Segmen Megathrust Mentawai-Siberut
Sumber :
  • BMKG

Padang – Intensitas kegempaan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat belum turun. Hingga pukul 18.11 WIB, Senin 29 Agustus 2022 gempabumi belum berhenti mengguncang tanah berjuluk Sikerai itu. Merujuk pada data rilis terbaru Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sudah ada enam kali kejadian gempa yang tercatat.

Pada pukul 18.01 WIB gempa kembali mengguncang Mentawai dengan magnitudo 4.0. Gempa yang terletak di 0.92 LS,99.23 Bujur Timur atau tepatnya di 48 kilometer Timur Laut Pulau Siberut, Mentawai ini, berada pada kedalaman 10 kilometer.

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/542-update-gempa-mentawai-jumlah-pengungsi-sudah-mencapai-2326-jiwa

Lalu yang teranyar terjadi pada pukul 18.11 WIB dengan kekuatan M 4.5. Gempa ini, berada pada 1.14 Lintang Selatan dan 98.75 Bujur Timur atau tepatnya di 43 kilometer Barat Laut, Pulau Siberut dengan kedalaman 10 kilometer.

Jika diakumulasikan sejak dinihari tadi mulai pukul 00.04 WIB, sudah enam kali kejadian gempabumi yang menguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai.  

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/537-gempa-besar-kembali-hantam-kepulauan-mentawai

Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono sebelumnya menyebut jika Segmen Megathrust Mentawai-Siberut ini, merupakan satu-satunya Segmen Megathrust yang masih menyimpan potensi energi kegempaan cukup besar. Bahkan, segmen ini belum lepas dengan magnitudo tertarget 8.9.