Negeri Jiran Malaysia Kepincut Lato-Lato Asal Sumbar

Ilustrasi lato-Lato
Sumber :
  • istockphoto

Padang – Negeri Jiran, Malaysia mulai kepincut dengan permainan lato-lato. Buktinya, 785 kilogram lato-lato yang dikemas dalam 40 karung di kirim alias di ekspor dari Ranah Minang. Pekan terakhir di bulan Januari 2023 kemarin, ekspor perdana sudah dilakukan melalui Bandara Internasional Minangbakau (BIM).

Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Bertolak ke Malaysia Ikuti BATC 2024

Menurut Kepala Bea Cukai Teluk Bayur, Indra Sucahyo mainan lato-lato yang diekspor ke Malaysia tersebut dilakukan oleh seorang pelaku usaha yang ada di Sumatra Barat. Berdasarkan data Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), total berat bersih lato-lato yang dikirim 785 kilogram.

"Total berat bersih 785 kilogram. Dikirim ke Malaysia. Ini perdana ekspor ditahun ini,"kata Indra Sucahyo, Jumat 3 Februari 2023. 

Marc Marquez Sebut Belum Benar-benar Cocok dengan Motor Barunya Desmosedici GP23

Menurut Indra, dengan adanya permintaan pangsa pasar di Malaysia, membuktikan jika permainan lato-lato yang populer pada era 1990 an itu, tidak hanya diminati di Indonesia saja, namun juga di Malaysia. 

Indra berharap, dengan diekspor lato-lato ini dapat menjadi pemicu bagi pelaku usaha lain yang ada di Sumatra Barat untuk kian maju dan bersaing di pasar internasional.

Pesona Hoyak Tabuik Kota Pariaman Masuk 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024

"Dengan ekspor lato-lato ini, membuktikan jika lato-lato juga populer di kalangan luar negeri terutama di Malaysia. Kita berharap dapat memicu pelaku usaha lainnya untuk semakin maju,"tutup Indra Sucahyo.