Angka Pengangguran di Kota Padang Turun

Ilustrasi Pekerja. Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat mengklaim angka pengangguran terus mengalami penurunan. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang, Dian Fakri, bahkan sejak September tahun kemarin, angka pengangguran sudah turun menjadi 11,69 persen. 

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

"Sejak September 2022 angka pengangguran turun menjadi 11,69 persen,"kata Dian Fikri, Jumat 17 Februari 2023.

Dian Fikri bilang, sebelum munculnya pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, angka pengangguran di Kota Padang berada di angka 8,74 persen. Angka itu terus naik terutama saat puncak pandemi. Bahkan menyentuh di angka 13,64 persen.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

"Ada beberapa target yang telah kami upayakan sejak pandemi Covid-19. Di tahun 2021 lalu turun jadi 13,37 persen dan di September 2022 di angka 11,69 persen,"ujar Dian Fikri.

Meski demikian, Dian Fakri memastikan jika Pemerintah Kota Padang terus menargetkan angka pengangguran turun. Tahun 2023 ini, pihaknya akan berusaha menurunkan angka pengangguran menjadi 9 persen dan di tahun 2024 menjadi 7 persen. 

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin

"Job canvasing dengan mendatangi dan melobi perusahaan yang ada, pelatihan atau pembinaan bagi wirausaha, program pemagangan. 

Lalu, merangkul mereka yang pengangguran, agar mereka segera dapat pekerjaan yang tepat, merupakan beberapa upaya yang kita lakukan untuk menekan angka pengangguran,"tutup Dian Fikri.