Usai Diratakan Dengan Tanah, Rumah Singgah Bung Karno Bakal Dibangun Ulang

Material bangunan rumah singgah Bung Karno yang sudah dihancurkan
Sumber :
  • padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Sumatra Barat, Yopi Krislova bilang jika pihaknya bakal segera membangun ulang bangunan cagar budaya yakni, rumah singgah Bung Karno yang sudah dihancurkan beberapa waktu lalu. Bahkan dalam disainnya nanti, akan dilengkapi dengan narasi sejarah semasa menjadi tempat persinggahan Bung Karno .

PAD Kota Padang Capai Rp111,4 Miliar Pada Triwulan I Tahun Ini

“Pemerintah daerah tentu berusaha untuk menjaga cagar budaya itu tetap ada dan melakukan revitalisasi. Setelah kita lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, kita juga sudah turun dan bertemu dengan pemiliknya agar bersedia kembali untuk membangunnya,"kata Yopi, Rabu 22 Februari 2023.

Menurut Yopi, untuk biaya pembangunan ulang atau pembuatan replika rumah singgah Bung Karno yang dulunya bernama rumah Ema Idham itu, dibebankan kepada pemiliknya saat ini. 

Angka Kemiskinan di Kota Padang Turun

Sembari pembangunan itu dilaksanakan kata Yopi, pihaknya juga sedang menginventarisir kembali bangunan-bangunan cagar budaya yang ada di kota Padang. 

Sebelumnya, Soehinto, pemilik sah bangun itu mengaku jika dirinya sama sekali tidak mengetahui kalau bangunan tersebut memiliki nilai historis sejarah yang tinggi. Ia pun, menyebut sama sekali tidak pernah mendapatkan penjelasan dari pemilik sebelumnya maupun Pemko Padang perihal rumah singgah Bung Karno apalagi soal cagar budaya. 

Festival Muaro Padang Bakal Meriahkan Liburan Lebaran Tahun Ini 

"Rencananya, akan dibangun restoran. Selain menambah PAD kota Padang, juga nanti bisa menyerap tenaga kerja. Sama sekali tidak tahu kalau rumah ini adalah rumah singgah Bung Karno. Kita juga tidak tahu kalau bangunan ini cagar budaya,"kata Soehinto.

Soehinto bilang, rumah singgah Bung Karno ini dibelinya pada tahun 2017 dari seorang pengusaha warga keturunan Tionghoa di Padang. Sebelum itu, rumah ini juga sempat dimiliki oleh mantan Walikota Padang Fauzi Bahar

Halaman Selanjutnya
img_title