Kota Padang Kini Punya Agen Penjaga Keamanan Siber

Ilustrasi
Sumber :
  • Pixabay

PadangKota Padang, Sumatera Barat kini punya agen penjaga keamanan siber. Computer Security Insident Response Team (CSIRT) namanya. Berjumlah 60 orang dari seluruh OPD di lingkungan pemerintah kota Padang. 

Polda Sumbar serahkan jenazah korban banjir bandang ke keluarga

Kedepan, mereka akan bertugas meningkatkan pengamanan dan manajemen informasi serta kewaspadaan terhadap seragan malware dan phising. Beberapa hari lalu, agen-agen ini sudah diberi pembekalan kemampuan melalui Bimtek.

"CSIRT ini, bertugas melakukan mitigasi penanggulangan insiden, investigasi, analisis dampak dan pemulihan pasca insiden keamanan Siber pada sistem elektronik ini di Pemerintah Kota Padang,"kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andre Algamar, Minggu 5 Maret 2023.

Jalur Sialing Putus Akibat Dihantam Banjir Bandang

Andree bilang, keamanan data dan penurunan risiko serangan malware dan phising, mampu mengatasi kendala dalam birokrasi. Lalu, tidak membahayakan pelayanan publik, sehingga semakin berkurang keluhan masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Bobby Firman menyebutkan jika secara teknis mengenai bahayanya serangan malware dan phising, penting untuk dipahami. Terutama, menyangkut data pribadi masyarakat pada layanan elektronik pemerintah dengan pengamanan siber yang bisa diandalkan. 

Sudah 37 Warga Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

"Untuk itu, dibutuhkan sebuah pengelolaan risiko keamanan informasi yang komprehensif agar layanan publik dapat berjalan lancar dan terjaga aspek kerahasiaannya"ujar Bobby. 

Lebih lanjut Bobby, CSIRT ini terbentuk berdasarkan surat keputusan Walikota Nomor 277 tahun 2022 tentang Tim Tanggap Insiden Siber.

Halaman Selanjutnya
img_title