Banjir Terjang 2 Nagari di Dharmasraya

Kondisi Banjir di Dharmasraya
Sumber :
  • BPBD Dharmasraya

Padang – Banjir menerjang 2 Nagari atau Desa di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, Jumat 10 Maret 2023. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat ke 2 Nagari itu yakni Koto Tinggi dan Nagari Ranah Palabi, Kecamatan Timpeh.

14 Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Dharmasraya, Eldison menyebutkan banjir itu terjadi sejak pukul 04.00 WIB dini hari tadi. Hingga kini, belum diketahui total jiwa terdampak akibat banjir tersebut. Selain 2 Nagari itu, Nagari  Marga Makmur dan Timpeh juga terdampak.

"Saat ini, anggota kita masih melakukan pendataan dan evakuasi. Ada dua titik terparah, ketinggian air mencapai lebih dari 1 meter," kata Eldison, Jumat 10 Maret 2023. 

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Bandar Lampung

Terkait dengan jumlah infrastruktur yang terdampak, Eldison bilang, jika pihaknya juga belum mengetahui berapa total rumah warga yang terdampak akibat banjir ini. Pihaknya bersama otoritas terkait lainnyamasih fokus mengevakuasi warga yang terjebak banjir. 

"Sebagian warga sudah dievakuasi. Kalau data kerugian belum diketahui,"ujarnya. 

Tujuh Kecamatan Terdampak Banjir dan Longsor di Kota Bitung, Sulawesi Utara

Eldison menambahkan, selain dipicu oleh faktor curah hujan yang tinggi, banjir kali ini juga disebabkan oleh meluapnya aliran Sungai Batang Timpeh. Selain rumah warga, genangan air juga berdampak pada fasilitas umum. 

"Fasilitas umum sekolah, masjid juga terdampak. Kita sedang mendata itu,"tutup Eldison.