IKM Lepas 3.100 Perantau Mudik Lebaran ke Ranah Minang

Perantau Minang Pulang Basamao
Sumber :
  • Padang Viva/Doc Viva

Padang – Pengurus Ketua Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Fadli Zon dan Ketua Harian DPP IKM Andre Rosiade, melepas 3.100 warga peserta mudik gratis Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 ke Sumatera Barat di Gedung DPR/MPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Minggu 16 April 2023. Ribuan perantau Minang itu, akan menempuh perjalanan darat dengan menggunakan armada bis sebanyak 70 unit.

Pemkab Solok Selatan Bagikan Ribuan Paket Sembako 

"Saya tidak mau pidato panjang-panjang, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor yang mendukung acara ini. Kalau hari ini bisa 70 bis, tahun depan kita coba 150 bis," kata Andre Rosiade, Minggu 16 April 2023. 

Sementara Ketua Umum DPP IKM, Fadli Zon menyampaikan rasa syukur atas situasi sekarang ini dimana masyarakat bisa pulang basamo ke daerah Sumatera Barat. Menurut dia, hal ini patut disyukuri seiring melandainya kasus Covid-19 di Indonesia. 

Mobil Angkutan Tidak Diperbolehkan Melintas Selama Idul Fitri di Sumbar, Berikut Jadwalnya

"Alhamdulillah, kita bisa pulang basamo. Dua tahun terakhir karena pandemi kita kesulitan. Ini satu-satunya yang ada di dunia, yang ada mudik hanya ada di Indonesia, ini luar biasa, Islamnya Indonesia tidak ada di tempat lain. Hanya ada di Indonesia pergerakan seratus juta prang mungkin ke kampung masing-masing," kata Fadli Zon

Fadli berharap, pergerakan dari perantauan kembali ke kampung halaman akan memberi manfaat dari sisi ekonomi di daerah. Apalagi, jumlah masyarakat yang ikut rombongan mudik DPP IKM ini sekitar 3.100 orang dengan tujuan Kota Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat.

Angka Kemiskinan di Kota Padang Turun

"Pulang basamo ini pasti bermanfaat bagi urang minang, karena akan belanja di sana. Akan kuliner di sana, mungkin akan bagi-bagi THR di sana. Jadi, ini bermanfaat bagi orang di ranah minang. Saya sekaligus mengucapkan minal aidzin wal faidzin selamat Idul Fitri,"tutup Fadli.