Bimtek Creative Learning in Digital Age 2023 Upaya Wujudkan Mimpi Payakumbuh Kota Pendidikan Berbasi

Bimtek Creative Learning in Digital Age 2023
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Percepatan digitalisasi pendidikan di Sumbar menjadi agenda penting Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar serta DPRD Sumbar saat ini. Sejak tahun lalu, Dinas Pendidikan Sumbar bekerjasama dengan Ketua DPRD Sumbar, Supardi, telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Creative Learning in Digital Age yang kini sudah memasuki tahap III. Ratusan guru SMA/SMK se-Kota Payakumbuh telah mengikuti 2 tahap bimtek sebelumnya.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

Pada Jumat malam kemarin, Bimtek Creative Learning in Digital Age Tahap IV resmi dibuka di Ballroom Pusako Hotel, Bukittinggi dan akan berlangsung hingga 29 Mei mendatang. Tenaga pendidik dari SMA se-Kota Payakumbuh, para mentor yang akan mendampingi sepanjang bimtek, serta pejabat terkait, hadir dalam acara pembukaan. 

Proyek tersebut tidak terlepas dari peran Ketua DPRD Sumbar, Supardi, yang memiliki visi menjadikan Payakumbuh sebagai Kota Pendidikan Berbasis Digital sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya membangun Payakumbuh sebagai Smart City. 

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

Pada penutupan Bimtek Creative Learning Tahap II, Desember tahun lalu, legislator asal Payakumbuh itu melihat bahwa sebagai kota non-Industri, Payakumbuh bisa berkembang dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusianya. 

“Payakumbuh adalah satu sentra ekonomi kreatif berbasis digital di Sumbar. Situasi positif ini mesti terus didorong dengan melahirkan lebih banyak lagi generasi muda yang kreatif lewat sistem pendidikan berbasis digital,”kata Supardi, Sabtu 27 Mei 2023. 

Jelang Idul Fitri Pemprov Sumbar Prediksi Harga Pangan Stabil

Untuk diketahui, dalam Bimtek Tahap II ketika itu, para guru SMA dan SMK se-Kota Payakumbuh difasilitasi agar mampu merancang bahan ajar berbasis digital seperti bahan dalam bentuk audio-visual. 

Lebih jauh, Supardi punya mimpi bahwa Payakumbuh bisa melahirkan generasi kreator dan inovator. “Mari kita dorong siswa agar menjadi pencipta, kreator, penghasil sesuatu yang baru, penemu mesin-mesin baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya,“ ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title