Kereta Api Sibinuang Berganti Nama

Peresmian KA Pariaman Ekspres
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatera Barat menetapkan kebijakan perubahan nama Kereta Api Sibinuang menjadi Kereta Api Pariaman Ekspres. Baru saja diresmikan, Jumat 1 Juni 2023. Kereta ini, melewati rute relasi Pauhlima - Naras. 

Bupati Khairunas Tekankan Pentingnya Peran Dunia Usaha dalam Pembangunan Solok Selatan

Menurut Vice President PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumbar, Sofan Hidayah, kebijakan ini dilakukan untuk memperpanjang relasi dan meningkatkan okupansi penumpang KA di jalur tersebut.

Diketahui, nama Sibinuang ini sudah lama disematkan pada Kereta Api di Sumatera Barat. Diambil dari nama Kerbau yang menemani perjalanan Cindua Mato dalam Kaba Cindua Mato. Kerbau tersebut diberikan nama Si Binuang oleh Bundo Kanduang kerajaan Pagaruyuang. Si Binuang dikisahkan memiliki tubuh yang besar dan sangat jinak.

Bupati Solok Selatan Instruksikan Penyaluran Beras Bantuan Harus Segera Dilakukan 

"Salah satu faktor berubahnya nama dan relasi KA Sibinuang menjadi KA Pariaman Ekspres adalah agar, nama Pariaman Ekspres lebih mudah diingat oleh seluruh masyarakat,"kata Sofan Hidayah, Kamis 1 Juni 2023. 

Faktor lainnya kata Sofan Hidayah, karena masih banyak masyarakat yang belum tahu akan perpanjangan relasi KA Pariaman Ekspres sampai ke Pauhlima. Jadi dengan hadirnya KA Pariaman Ekspres tersebut bisa menjadi pilihan moda transportasi masyarakat yang menuju Pauhlima yang efektif, efisien murah serta tepat waktu.

Perang Sarung Fenomena Baru di Kota Padang Yang Bisa Picu Gelombang Tawuran

"Total dalam sehari, ada 2 perjalanan dari Naras menuju Pauhlima (KA B1 & B3),"ujar Sofan Hidayah.

Sofan Hidayah bilang, meski terjadi perubahan pada nama kereta api, namun fasilitas kereta maupun nomor KA tersebut tetap sama, yakni dimulai dari B1 hingga B8 (Pariaman Ekspres) dengan Relasi Naras-Pauhlima.

Halaman Selanjutnya
img_title