Keren, Ada Food Performative di Alek Nagari Lubuk Kilangan 

Peta lokasi kegiatan Alek nagari Lubuk Kilangan
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Ketua Indarung Heritage Society (IHS), Aidil Husman menyebut jika helatan Alek Nagari Lubuk Kilangan yang akan diselenggarakan pada Rabu besok di area Pabrik Indarung I Semen Padang, bakal dimeriahkan beragam pertujukkan. Ada Food Performative, pertunjukan tradisi hingga painting on spot.

Foto Evakuasi Korban Kecelakaan Truk Pengangkut Batu Bara

Tak hanya itu saja, menurut Aidil, juga akan ada Arakan Jamba dari Bundo Kanduang tujuh kelurahan di Lubuk Kilangan serta penadatanganan Pakta Integritas dari pemangku kepentingan yang berada di dalam dan sekeliling pabrik Indarung I.

Kegiatan ini berdasarkan rasa syukur masyarakat Lubuk Kilangan atas ditetapkannya pabrik tertua di Asia Tenggara ini sebagai Warisan Budaya Benda tingkat nasional pada 27 Februari lalu oleh Kemdikbudristek.

Goa Kelelawar Padayo Bakal Dijadikan Daya Tarik Wisata Baru di Kota Padang 

Seekor kerbau akan rebah. Tujuh kancah disediakan. Berkilo bumbu diracik. Bertumpuk kayu akan dimasukkan ke perapian. Sebanyak 110 kilogram daging kerbau akan dimasak menjadi rendang.

“Food Performative ditampilkan dengan konsep ‘Dapur, panggung belakang yang dibawa ke pentas depan”. Dapur yang selalu terkesan tertutup sekarang diterang benderangkan bersama pertunjukan pendukung,”kata Aidil Usman, Selasa 4 Juli 2023.

3 Hari Lagi, Alek Nagari Luki di Pabrik Indarung I Dihelat

Dijelaskan Aidil, pertunjukan yang dimaksud adalah pertunjukan tradisi. Ada saluang rabab, randai, gamad dan Tari Galombang. Setiap kesenian akan di tempatkan pada lokasi-lokasi tertentu. Kemudian, ada dua perupa dari Jakarta yang melakukan painting on the spot. Kedua perupa akan menangkap panorama performatif yang terjadi selama kegiatan.

"Setelah selelsai, lukisan rencananya akan dilelang. Siapa tahu ada yang berminat,”ujar Aidil.

Halaman Selanjutnya
img_title