Belasan Komoditi di Padang Panjang Alami Fluktuasi Harga

Ilustrasi Cabai. Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako, Padang Panjang, Sumatera Barat, Putra Dewangga merilis, sebanyak 14 komoditi mengalami fluktuasi harga pada minggu pertama Juli 2023. Enam diantaranya, mengalami penurunan harga dan delapan komoditi lainnya, mengalami kenaikan harga.

Ratusan Warga Pesisir Selatan Terjangkit Diare

"Komoditas utama yang mengalami kenaikan harga diantaranya, cabai merah, bawang merah dan bawang putih, namun ketersediannya cukup di Pasar Pusat Padang Panjang,"kata Putra Dewangga, Senin 10 Juli 2023.

Putra menyebut, penyebab kenaikan harga secara umum disebabkan jumlah pasokan berkurang jika dibandingkan pada minggu-minggu sebelumnya. Khusus untuk cabai merah dan bawang merah, disebabkan karena masa panen yang mulai habis. 

Pasutri Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas Istri Luka-Luka

"Meski demikian, harga-harga tersebut masih berada dalam rentang harga acuan penjualan yang ditetapkan Badan Pangan Nasional (Bapanas),"ujar Putra.

Putra merinci, untuk komoditi cabai merah naik dari Rp36.500 perkilogram menjadi Rp40 ribu perkilogram. bawang merah dari Rp33.750 perkilogram menjadi Rp37.625 perkilogram. Sementara, bawang putih dari Rp37 ribu menjadi Rp40 ribu perkilogram. 

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

Selain tiga komoditi itu kata Putra, juga turut naik harga wortel dari semula Rp12 ribu perkilogram menjadi Rp15 ribu perkilogram. Telur ayam kampung dari Rp62.100 perkilogram menjadi Rp69 ribu perkilogram. Cabai hijau dari Rp27 ribu perkilogram menjadi Rp32.250 perkilogram. Cabai rawit dari Rp30 ribu perkilogram menjadi Rp32.750 perkilogram. Bawang daun dari Rp15 ribu perkilogram menjadi kini menjadi Rp19 ribu perkilogram.

Sementara kata Putra lagi, komoditas utama yang alami penurunan harga di antaranya daging ayam broiler, minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah.

Halaman Selanjutnya
img_title