Jemaah Haji Debarkasi Padang Hari Ini Pulang ke Kampung Halaman 

Ilustrasi Haji
Sumber :
  • Getty Images

Padang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Helmi menyebut jemaah haji Debarkasi Padang, Sumatera Barat Senin, 17 Juli 2023 mulai pulang kampung alias kembali ke tanah air. Berbeda dengan tahun sebelumnya, 17 kloter jemaah haji Sumbar dan Bengkulu berangkat dan pulang mendekati fase gelombang dua.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Haji Sumatera Barat yang berada di tanah suci sudah mulai bergerak dari Makkah menuju Madinah. Kloter pertama, subuh tadi sudah tiba di Bandara Internasional Minangkabau,"kata Helmi Senin 17 Juli 2023.

Helmi bilang, sesuai pergerakan jemaah haji di Arab Saudi, hari ini lima kloter jemaah haji Embarkasi Padang sudah tiba di Madinah. Mereka akan dipulangkan dalam fase gelombang 2 dengan rute Madinah-Padang. Sementara, dari 17 kloter jemaah haji Embarkasi Padang, 3 kloter dipulangkan dalam fase gelombang 1, dari bandara King Abdul Aziz Jeddah menuju Bandara International Minangkabau dan 14 kloter gelombang dua, Madinah-Padang.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

"Jemaah kloter pertama mendarat subuh tadi dengan pesawat garuda Indonesia. Jumlahnya ada 393 orang termasuk 5 petugas kloter. Untuk pertama kalinya, Debarkasi Padang akan memfungsionalkan Asrama Haji baru sebagai pengembangan asrama haji Tabing Padang,”ujar Helmi.

Menyambut kedatangan jemaah haji kloter pertama ini kata Helmi, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang sudah melakukan persiapan di Asrama Haji baru di Kabupaten Padang Pariaman.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

”Kemarin kita sudah melaksanakan ceking terakhir dan gladi resik penyambutan. Persiapan sudah 100 persen.Kebijakan tahun ini, untuk pemberangkatan dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Padang yang belokasi di Tabing Padang. Untuk pemulangan atau debarkasi dipusatkan di asrama haji baru yang berlokasi di Batang Anai, Padang Pariaman,"tutup Helmi.