Padang Panjang Luncurkan Dua Kampung Moderasi Beragama

Ilustrasi Keberagaman
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat Rabu kemarin meluncurkan dua Kampung Moderasi Beragama (KMB). Lokasinya di Perumahan Rusunawa di Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) dan Kelurahan Tanah Hitam, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB). 

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Ini merupakan program Pemerintah Pusat yang kemarin sudah di launching serentak se-Indonesia. Ini adalah sebuah konsep yang muncul di Indonesia untuk mewujudkan kehidupan beragama yang moderat dan harmonis dalam masyarakat,"kata Kepala Kantor Kemenag Padang Panjang, Alizar, Kamis 27 Juli 2023. 

Alizar menjelaskan, program KMB ini bertujuan menciptakan lingkungan sosial yang menghormati perbedaan agama, saling toleran dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan yang mengedepankan pendekatan inklusif dan dialog antarumat beragama. Di dalamnya, warga bisa hidup berdampingan dengan damai, saling menghormati, dan bekerja sama dalam berbagai kegiatan keagamaan, sosial dan budaya.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Konsep ini juga menekankan pada pemahaman agama yang wasati (moderat) dan menghindari sikap ekstremisme serta konflik keagamaan yang ada di Kota Padang Panjang khususnya, ujar Alizar.

Ditambahkannya, selain di Kota Padang Panjang, hari ini ada 1.000 KMB yang diluncurkan secara resmi oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Kegiatan ini untuk merawat kerukunan dan memperkokoh semangat kebangsaan dengan penerapan sembilan nilai moderasi beragama untuk penguatan civil society,"tutupnya.