Perkampungan Adat Berjejer Terpanjang Ada di Sujunjung, Ini Penampakannya

Desa wisata perkampungan Adat Nagari Sijunjung
Sumber :
  • Kemdikbud

Padang – Baru-baru ini desa wisata perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Lalan, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, memboyong 2 penghargaan pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 pada Minggu kemarin.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

Kata Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir yang ikut menghadiri kegiatan tersebut, penghargaan yang diterima perkampungan Adat Nagari Sijunjung adalah rekor MURI kategori Perkampungan Adat Berjejer Terpanjang, dan juara pertama kategori 8 terbaik desa wisata maju/desa berkembang.

“Terimakasih atas semua pihak yang sudah membantu dan berkontribusi sehingga perkampungan adat  berhasil meraih 2 prestasi sekaligus," tuturnya dalam rilis resmi dikutip 30 Agustus 2023.

Bupati Solok Selatan Usulkan Pariwisata Terintegrasi

Di desa wisata perkampungan Adat Nagari Sijunjung tersebut, terdapat sebanyak 76 buah rumah gadang tertata di sepanjang kawasan ini, sebagai simbol kaum berbasis matrilineal yang masih berfungsi dan tertata rapi. 

Desa wisata perkampungan Adat Nagari Sijunjung

Photo :
  • Google Maps
Waspada Hujan dan Angin Kencang Berpotensi Melanda 3 Wilayah di Sumatera Barat

Desa Wisata perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

Photo :
  • Google Maps

Selain itu, di lingkungan Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung juga terdapat sawah dan ladang, pandam pakuburan, surau, masjid, pasar dan balai adat yang terlihat rapi, berdekatan dengan sungai.

Halaman Selanjutnya
img_title