Strategi Pemko Padang Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Rapat koordinasi Pemko Padang
Sumber :
  • Humas Pemko Padang

Padang – Dalam upaya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan mengadakan rapat koordinasi bertajuk "Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Dalam Pengendalian Inflasi Kota Padang.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Asisten II Setdako Padang, Didi Aryadi mengungkapkan bahwa, harga dan pasokan pangan merupakan indikator strategis yang saling terkait dalam memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat. Faktor ini juga memiliki peran penting dalam ekonomi pangan dan dapat berkontribusi terhadap tingkat inflasi.

"Sebagai salah satu pelaku ekonomi, pemerintah memiliki peran krusial dalam memastikan stabilitas, alokasi, dan distribusi pangan untuk mencegah terjadinya kegagalan pasar yang dapat berdampak negatif terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat," ungkap Didi Aryadi melalui siaran persnya, Rabu 8 November 2023.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Ia menyebut jika Pemerintah Kota Padang juga secara rutin melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan pokok (Bapokting) penting.

"Langkah-langkah ini mencakup pemantauan terhadap perubahan harga dan pasokan, koordinasi dengan instansi terkait dan para pemangku kepentingan dalam upaya stabilisasi harga pangan, terutama menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Kami juga melaksanakan kegiatan pasar murah," tambahnya.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Selain itu, kata Didi, pihaknya juga secara aktif memantau distribusi barang kebutuhan pokok, barang dagangan umum, dan barang berbahaya. Kami juga mendorong peningkatan pembelian produk lokal, serta menyelenggarakan sesi informasi untuk memastikan ketersediaan stok dan pasokan bapok guna menjaga ketenangan masyarakat.

"Marilah kita secara serius mengalokasikan sumber daya yang memadai, merumuskan strategi yang tepat, dan menciptakan mekanisme koordinasi yang efektif untuk memastikan dukungan dari para pemangku kepentingan dapat bekerja secara sinergis, sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kami juga mendukung upaya mencapai kedaulatan pangan dan kemandirian," pesannya.

Halaman Selanjutnya
img_title