Dinas Sosial Sumbar Peringati HKSN 2023 di Kampung Sasak NTB

Rombongan Dinsos Sumbar
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memperingati Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2023 dengan mengunjungi Kampung Sasak Ende, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ini diikuti oleh 64 orang tenaga sosial dari Sumbar.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Dalam kegiatan yang berlangsung 18 hingga 21 Desember 2023 itu, peserta berkesempatan untuk belajar tentang budaya dan sejarah Suku Sasak. Mereka juga menyaksikan tarian khas Sasak, Peresean.

"Sejarah Suku Sasak sangat menarik. Mereka terkenal pintar membuat kain dengan cara menenun," ujar Asmadi Thaher, salah satu peserta, Senin 25 Desember 2023.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk membangun solidaritas antar suku dan bangsa. Sesuai dengan tema HKSN 2023, "Solidaritas Dalam Harmoni", Dinas Sosial Sumbar ingin menjalankan rencana strategis untuk pemberdayaan kaum terpinggirkan.

"Kami ingin menunjukkan bahwa Sumbar adalah daerah yang toleran dan harmonis," ujar Supardi, Ketua DPRD Sumbar yang turut mendampingi kegiatan itu.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Selain ke Kampung Sasak, peserta juga diajak berkeliling Lombok. Mereka mengunjungi Bendungan Batujai-Praya, Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Gedis.