Komitmen Pemko Padang Tingkatkan Pelayanan Dasar Masyarakat

Rapat Pra Evaluasi Pelaporan Penerapan SPM Triwulan IV Tahun 2023
Sumber :
  • Diskominfo Kota Padang

Padang – Pemerintah Kota Padang terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat dengan mengoptimalkan target capaian Standar Pelayanan Minimum (SPM). 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Padang, Andree Algamar mengingatkan batas akhir penginputan laporan SPM pada 2023 triwulan IV yaitu pada 20 Januari 2024. Ia juga meminta OPD terkait untuk memastikan data pendukung dan memfokuskan pada SPM.

"Perlu berhati-hati dalam menginput data dengan benar. Dari segi penginputan dan capaian, Kota Padang sudah melebihi tahun lalu,"kata Andree Algamar, Kamis 18 Januari 2024.

Tragedi Banjir Lahar Dingin Semeru: 3 Warga Lumajang Meninggal Dunia

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdako, Yuska Libra Fortuna menambahkan, capaian SPM merupakan ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang berhak diperoleh oleh setiap warga secara minimal. Mutu pelayanan dasar ini mencakup enam aspek yakni, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perumahan, ketertiban umum, dan sosial.

Ia menyebut bahwa, Walikota Padang, Hendri Septa berkomitmen untuk memberikan pelayanan dasar dan mutu pelayanan kepada setiap warga Kota Padang yang lebih baik lagi dari tahun ke tahun. Pada 2023 lalu, nilai SPM Kota Padang mencapai 99,93 persen, meningkat dari tahun sebelumnya yang masih di angka 98,11 persen.

Hendri Septa Ajak Generasi Muda Cintai Sejarah

Untuk mengoptimalkan capaian SPM, Pemko Padang membentuk Tim Pengaman SPM yang diketuai oleh Sekda Andree Algamar. Tim ini dihadiri oleh seluruh kepala OPD pengampu, peserta pejabat eselon 3 selaku koordinator teknis dan operator masing-masing OPD, serta Kepala OPD Pendukung yaitu Bappeda, Disdukcapil, BPKAD, dan Diskominfo.

Yuska mencontohkan bencana banjir yang terjadi pada Juli 2023 lalu, OPD terkait bahu membahu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai bentuk quick respon.

Halaman Selanjutnya
img_title