Keren, Desa Wisata Kubu Gadang Ada Cafe Sawah Sarumpun Padi 

Desa Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang.
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, memiliki inovasi baru berupa Cafe Sawah Sarumpun Padi. Cafe sawah ini merupakan yang pertama di Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Cafe Sawah Sarumpun Padi ini bahkan sudah diresmikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra pada Minggu kemarin. Cafe ini merupakan salah satu dari empat unit usaha yang dikelola Koperasi Syariah Pariwisata Desa Wisata Kubu Gadang.

Doni Hendra Putra, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, mengatakan bahwa Cafe Sawah Sarumpun Padi merupakan inovasi yang luar biasa.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Kalau kami boleh menyampaikan, dalam pengamatan kami, ini pertama di Sumbar koperasi yang ada di desa wisata. Tahun kemarin mendapatkan penghargaan di tingkat nasional menjadi desa wisata Maju Mandiri dan hari ini Kubu Gadang sudah menyiapkan bukti bahwasannya sudah banyak memiliki inovasi. Ini sangat luar biasa," ujar Doni, Selasa 23 Januari 2024.

Cafe Sawah Sarumpun Padi mengusung tema tradisional modern. Menu yang ditawarkan mulai dari makanan tradisional dan makanan kampung, hingga menu-menu kopi dan makanan lainnya.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Sonny Budaya Putra berharap, dengan adanya Cafe Sawah Sarumpun Padi, geliat wisata di Desa Wisata Kubu Gadang semakin meningkat.

"Ini bisa menjadi bagian dari daya tarik kunjungan wisatawan ke Padang Panjang. Ditambah dengan adanya Sport Center, ini akan menjadi daya tarik masyarakat untuk berolahraga sekaligus berwisata dan menginap di Padang Panjang," tutup Sonny.