Pemko Padang Siapkan Data Statistik Sektoral untuk Wujudkan Satu Data Indonesia

Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar
Sumber :
  • Diskominfo Kota Padang

Padang – Dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia, Pemerintah Kota Padang mempersiapkan data statistik sektoral yang terintegrasi dan akurat.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Menurut Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar program satu data Indonesia yang dicanangkan pemerintah pusat bertujuan untuk menghasilkan data yang akurat, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan

"Data statistik sektoral berfungsi untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi pada masa datang. Tentu untuk mempermudah menentukan prioritas, dan acuan dalam evaluasi kegiatan," kata Andree, Jumat 26 Januari 2024.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Andree bilang, data tersebut dapat dengan mudah diakses oleh antarinstansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk.

"Pengaturan satu data Indonesia dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan, mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan, serta mendorong keterbukaan dan transparansi data," ujarnya.

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin

Pemerintah kota Padang kata Andree, berharap kepada seluruh perwakilan OPD di lingkungan Pemko Padang agar mampu menyajikan data sektoral secara terintegrasi.

"Ke depan data ini dapat dipertanggungjawabkan, valid, dan dapat mengurangi kesalahan dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi untuk perbaikan di masa datang," tutupnya.