Lembah Harau, Surga Tersembunyi di Tanah Minangkabau yang Mirip Desa Konoha Naruto

Lembah Harau
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Lembah Harau, sebuah nagari yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat, hingga kini masih ramai diperbincangkan di media sosial, khususnya di kalangan penggemar anime dan komik Naruto

Generasi Milenial Sumbar Diajak Cegah dan Berantas Perundungan

Ini tak lepas lantaran kawasan Lembah Harau dinilai sebagian kalangan memiliki kemiripan dengan salah satu lokasi yakni Konohagakure alias Desa Konoha, sebuah desa fiksi dalam seri manga dan anime Naruto yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto

Lembah Harau, memang memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan tebing-tebing tinggi menjulang yang mengelilinginya. Tebing-tebing tersebutlah yang membuat banyak orang menyamainya dengan Hokage iwa atau tebing Hokage yang ada di Desa Konoha.

Aktivitas Erupsi Gunung Marapi Meningkat, Pemrov Sumbar Minta Masyarakat Tetap waspada

Selain tebing-tebing tinggi, Lembah Harau juga memiliki banyak pesona lain yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah jajaran air terjun yang berjumlah enam, yakni Sarasah Aie Angek, Aie Luluih, Sarasah Jambu, Akar Berayun, Sarasah Bunta, dan Sarasah Murai. Setiap air terjun memiliki ciri khas dan tinggi yang bervariasi.

Salah satu air terjun paling terkenal di Lembah Harau adalah Air Terjun Akar Berayun, karena menjadi air terjun tertinggi di Lembah Harau dengan tinggi sekitar 200 meter. Di bawah air terjun terdapat kolam besar yang kerap digunakan wisatawan untuk berenang atau bermain air. Namun, jika musim kemarau air terjun dan kolamnya mengering. 

Polri Buka Hotline Khusus Informasi Penerimaan Anggota Baru 

Lembah Harau

Photo :
  • Disparpora Kabupaten Lima Puluh Kota

Jika ingin mencari air terjun yang masih agak sepi, pengunjung bisa trekking selama 10 menit memasuki area hutan untuk menuju Air Terjun Sarasah Murai. Air terjun ini punya ciri khas berundak-undak tujuh tingkatan, dan memiliki tinggi sekitar 10-15 meter. Konon, air terjun ini dinamai Sarasah Murai karena disinggahi Burung Murai pada zaman dulu. 

Halaman Selanjutnya
img_title