Sekda Padang Sebut Data Adalah Kompas Arah Strategi Pembangunan

Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar
Sumber :
  • Diskominfo Kota Padang

Padang – Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar menegaskan pentingnya data dalam perencanaan pembangunan. Ia menyebut data sebagai kompas yang menuntun arah strategi pembangunan.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

"Data merupakan modal utama keberhasilan perencanaan sebuah pekerjaan. Data merupakan kompas, pemandu atau penunjuk arah dalam menentukan strategi pembangunan," kata Andree Algamar, Jumat 15 Maret 2024 

Andree menjelaskan bahwa Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Data ini mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Lebih lanjut, Andree menyinggung statistik sektoral yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu. Ia menjelaskan bahwa manfaat statistik sektoral adalah, mengetahui kecenderungan (tren) yang akan terjadi di masa mendatang.

Menentukan prioritas acuan dalam evaluasi dan pengendalian kegiatan, memperkirakan antisipasi terhadap risiko dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

"Sebagai wujud komitmen, Pemko Padang telah membentuk Forum Satu Data Tingkat Kota Padang. Forum ini menjadi wadah komunikasi dan koordinasi antar organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, dan badan usaha di daerah untuk penyelenggaraan satu data daerah,"ujar Andree Algamar.

Ia bilang, Forum Satu Data Indonesia Tingkat Kota Padang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen penyelenggaraan Satu Data di Kota Padang. Lalu, memperkuat koordinasi dan kolaborasi antar instansi dalam pengelolaan data.

Halaman Selanjutnya
img_title