Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Persiapan HKBN 2024
Sumber :
  • Diskominfo Padang

Padang – Kota Padang, yang dipilih sebagai tuan rumah untuk peringatan puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) pada tanggal 26 April mendatang, terus mempersiapkan segala aspek untuk kelancaran acara tersebut.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Pada Kamis kemarin, Direktur Kesiapsiagaan, Pangarso Suryotomo, melakukan kunjungan ke Kota Padang. Kedatangannya bertujuan untuk memastikan kesiapan acara dan meninjau Gedung Youth Center yang akan menjadi pusat kegiatan peringatan HKBN.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton, menjelaskan bahwa kunjungan Pangarso Suryotomo bertujuan untuk meninjau kesiapan acara HKBN 2024 dan finalisasi rangkaian acara yang akan dilaksanakan.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

"Youth Center akan menjadi pusat kegiatan yang akan diikuti oleh 17 provinsi dan 30 kabupaten dan kota melalui live streaming. Insya Allah, acara ini akan dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Kepala BMKG, Ketua Komisi VIII DPR RI, dan pihak terkait lainnya," kata Hendri Zulviton, Jumat 19 April 2024.

Zulviton menekankan bahwa, persiapan fisik di Youth Center akan segera difinalisasi dalam waktu dekat, termasuk persiapan internet untuk live streaming dan persiapan evakuasi mandiri.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

"Evakuasi mandiri akan diimplementasikan setiap tanggal 26 dengan penggunaan sirine, serta melibatkan kelurahan tangguh bencana yang telah diakui UNESCO. Masyarakat akan melakukan evakuasi mandiri di sekolah, rumah ibadah, pasar, dan lokasi lainnya," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa acara HKBN akan mencakup lima kegiatan, antara lain kampanye keselamatan dan sosialisasi publik, peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat, pengecekan protap dan SOP, persiapan personil dan logistik kebencanaan, serta latihan penyelamatan diri dan evakuasi mandiri.