KPU Sumbar Gelar Jambore Demokrasi Pelajar di Padang Panjang

Siswa SMA
Sumber :
  • Didkominfo Solok Selatan

Padang – Kota Padang Panjang didapuk sebagai tuan rumah Jambore Demokrasi Pelajar yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat. Kegiatan ini akan berlangsung di Minang Fantasi (Mifan) 8 hingga 11 Mei 2024.

Sudah 37 Warga Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri, menjelaskan bahwa Jambore Demokrasi Pelajar ini akan diikuti oleh sekitar 500 siswa dan pendamping. Setiap daerah akan mengirimkan 24 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan, beserta dua orang pendamping.

"Selama kurang lebih empat hari, para peserta akan menginap di sini. Oleh karena itu, kami mengharapkan kehadiran Bapak Pj Wako saat kegiatan ini dimulai nanti," kata Puliandri, Rabu 8 Mei 2024.

Eksplorasi Seni dan Budaya dalam Persiapan Festival Maek

Lebih lanjut, Puliandri menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan pengetahuan tentang demokrasi kepada para pelajar. Sosialisasi ini akan mencakup materi tentang kampanye, debat calon, dan berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan demokrasi pelajar. 

"Ini dimaksudkan untuk membekali para pemilih pemula dengan ilmu pengetahuan tentang bagaimana menggunakan hak pilih mereka dalam Pemilu yang akan datang,"ujarnya.

Kemenag Sumbar Tak Segan-segan Tindak Tegas Agen Travel Haji Nakal

Puliandri menambahkan bahwa KPU Provinsi memilih Padang Panjang sebagai tuan rumah karena kota ini memiliki fasilitas yang memadai untuk menampung ratusan peserta. Selain itu, Padang Panjang juga terkenal dengan udaranya yang sejuk dan asri.