Posyandu SBB Palimo: Inovasi dan Gebrakan yang Mengantarkan Menuju Provinsi

Aktifitas Posyandu Semai Benih Bangsa
Sumber :
  • Diskominfo Padang

Padang – Lolosnya Posyandu Semai Benih Bangsa (SBB) Palimo mewakili Kota Padang ke tingkat provinsi bukan tanpa alasan. Berbagai inovasi dan gebrakan kreatif telah diimplementasikan oleh posyandu yang terletak di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh ini.

Festival Siti Nurbaya 2024 Siap Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Gali Nilai Budaya di Padang

Menurut Ketua Pokja Posyandu Kelurahan Cupak Tangah, Nefrita Sari, Posyandu SBB Palimo memiliki berbagai keunggulan dan inovasi yang menjadikannya unggul. Hal ini juga tak lepas dari dukungan 90 kader posyandu di Cupak Tangah.

Salah satu inovasi yang diunggulkan adalah program Pemberian Makanan Tambahan dari Donatur (Pematur). Program ini memberikan makanan sehat dan bergizi kepada sasaran dalam setiap kegiatan posyandu. Dana untuk program ini berasal dari swadaya arisan ibu-ibu Komplek Palimo Indah, dan pembuatan PMT dilakukan oleh kader posyandu pangan.

Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kiligram Ganja Jaringan Panyabungan

"Inovasi lain adalah Mama Muda (Mamamud). Mamamuda merupakan program penyambung silaturahim ibu muda sebagai dukungan dari kegiatan posyandu BKB dengan memberikan penyuluhan kesehatan dan parenting," kata Nefrita Jumat 5 Juli 2024. 

Lebih lanjut, Nefrita menjelaskan inovasi lainnya, yaitu Forum Sasaran Posyandu (Forsan). Forsan adalah media grup whatsapp yang beranggotakan tenaga kesehatan, dan menjadi wadah pemberian informasi dan konseling bagi ibu sasaran.

Dinas Perkim Sampaikan Kriteria Rumah Layak Huni di Padang

"Kemudian, ada juga kelas ayah yang merupakan pelayanan inovatif di mana peran seorang ayah menjadi support sistem bagi ibu hamil dan menyusui. Dalam kelas ini, dilakukan mini diskusi dan kerja sama dengan tenaga kesehatan,"ujarnya

Tak hanya itu, menurut Nefrita, Posyandu SBB Palimo juga fokus pada peningkatan perekonomian keluarga. Salah satu caranya adalah dengan melanjutkan program peluang bagi ibu sasaran sebagai tabungan peningkatan perekonomian keluarga.

Halaman Selanjutnya
img_title