Maskot Kota Padang Berganti Jadi Penyu 

Ilustrasi Pelepasan Tukik
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Pemerintah Kota Padang secara resmi menetapkan Penyu sebagai maskot baru. Penetapan ini, ditandai dengan pelepasan 355 tukik alias anak penyu di Pantai Air Manis pada Senin sore kemarin. 

Lebih Dari 2 Juta Wisatawan Berkunjung ke Kota Padang Tahun Ini

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar menyebut, dipilihnya penyu sebagai maskot, lantaran hewan laut itu merupakan simbol dari pelestarian lingkungan hidup.

"Ini menjadi bentuk komitmen kota Padang sebagai pelopor pelestarian lingkungan hidup. Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, kita jadikan Kota Padang indah, bersih, dan nyaman, "kata Andree Algamar dikuti VIVA dari keterangan resminya, Selasa 6 Agustus 2024.

Produksi Padi di Kota Padang Menurun

Andree bilang, penyu merupakan makhluk yang tangguh. Berdasarkan sejarah, penyu sudah ada sejak 150 juta tahun yang lalu. Ini sejalan dengan cerminan kota Padang yang kini sudah memasuki usia 355 tahun.

Uniknya kata Andree, penyu yang dilepas ke laut, akan kembali lagi ke pantai tempat ia dilepas untuk bereproduksi. Ini mengingatkan kita kepada saudara-saudara kita yang merantau yang suatu saat akan kembali lagi untuk membangun kampung halaman.

Pemko Padang Imbau Warga Tetap Tenang Terkait Isu Gempa Megathrust

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Alfiadi menjelaskan, sedikitnya ada lima filosofi yang mendasari pemilihan penyu sebagai maskot Padang.

Yang pertama, kepala penyu diibaratkan sebagai Gunung Padang. Simbol dari pemandangan alam yang menakjubkan dan berfungsi sebagai pandangan utama, memberikan visi ke depan bagi perkembangan kota.

Halaman Selanjutnya
img_title