Raja dan Sultan Dari Penjuru Nusantara Ikut Tradisi Makan Bajamba

Makan Bajamba
Sumber :
  • Diskominfo Kota Padang

Padang – Pemerintah kota Padang, Sumatera Barat menjamu makan bajamba puluhan Raja, Sultan hingga pemangku adat se-Nusantara di gedung Youth Center Bagindo Azizchan, Kamis malam 5 September 2024.  

Lebih Dari 2 Juta Wisatawan Berkunjung ke Kota Padang Tahun Ini

Makan bajamba, merupakan tradisi makan masakan khas Minangkabau dengan cara duduk bersama dalam satu ruangan. Makan bajamba, merupakan tradisi turun temurun.

Diketahui, Raja dan Sultan se-Nusantara yang tergabung dalam lembaga Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) itu, datang ke kota Padang dalam rangka menghadiri iven Festival Adat dan Budaya Nusantara (FABN).

Produksi Padi di Kota Padang Menurun

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Yosefriawan menyebut bahwa Pemerintah Kota Padang mendukung penuh penyenggaraan FABN tahun ini.

"MATRA merupakan bagian warisan budaya masa silam yang di dalamnya tergabung kerajaan dan kesultanan yang ikut menentukan keberlanjutan sejarah Nusantara pada masa lalu" kata Yosefriawan, Jumat 6 September 2024.

Pemko Padang Imbau Warga Tetap Tenang Terkait Isu Gempa Megathrust

Ia menambahkan, eksistensi para raja dan sultan hari ini masih dipandang sebagai pemimpin di tengah masyarakat yang setiap kata dan gerak mereka menjadi penentu segenap tindakan dari rakyat yang dipimpinnya.

"Kepada mereka pula rakyat menyerahkan sebagian besar kepercayaan nya untuk dapat diberikan perlindungan dan kesejahteraan. Para raja dan sultan adalah orang-orang yang sangat dihormati oleh rakyat mereka dan juga pihak luar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title