Lembah Harau Spot Instagramable di Sumbar Yang Wajib Anda Kunjungi

Lembah Harau
Lembah Harau
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Bicara soal wisata di Sumatera, memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, selain kuliner yang lezat dan budaya yang beragam, wilayah yang juga dikenal dengan nama lain Ranah Minang itu, menawarkan sejuta pesona panorama alam yang sungguh luar biasa indah. 

Mulai dari kawasan daratan, perairan hingga pegunungan, menyajikan berjuta-juta keindahan yang siap memanjakan mata dan memuaskan dahaga liburan para traveler. Menariknya lagi, di Ranah Minang terkenal banyak memiliki lokasi-lokasi destinasi yang Instagramable. Wisata alam, buatan, bahari hingga wisata edukasi dan agrowisata, sangat cocok bagi anda yang hobi foto-foto.   

Adalah Cagar Alam Lembah Harau, salah satunya. Objek wisata ini, terletak di Kabupaten Lima puluh Kota, sebuah wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Riau. Lembah Harau adalah sebuah ngarai dengan topografi berbukit-bukit dan bergelombang. 

Selain menyuguhkan mahakarya yang luar biasa, dengan karakteristik tebing-tebing dengan jenis batuan granit yang menjulang tinggi, udara di Lembah Harau ini sangat sejuk. Selain banyak dikunjungi para pelancong baik lokal maupun mancanegara, Lembah Harau juga selalu dijadikan lokasi star atau finish iven sport tourism Tour de Singkarak setiap tahunnya. 

Bahkan, perhelatan iven sport tourism terbesar di Indonesia yang baru saja usai dilaksanakan tahun ini, melewati rute baru dikawasan lembah harau. view dari ketinggian, semakin menambah daya tarik bagi para pembalap. Foto maupun video yang berhasil diabadikan oleh pewarta, sekali lagi membuktikan jika Lembah Harau adalah objek wisata yang sungguh luar biasa.

Hanya berjarak sekitar 138 kilometer dari jantung Kota Padang atau sekitar 47 kilometer dari Kota Bukittinggi, akses menuju lokasi Lembah Harau ini sangat mudah dijangkau. Transportasi umum baik bus, travel banyak dijumpai dan bersedia mengantar anda sampai kelokasi Lembah Harau.

Adanya air terjun bernama Sarasah Bunta di bagian dalam kawasan Lembah Harau, tentu saja akan menambah sensasi bagi para pengunjung. Paduan suara gemercik air terjun Sarasah Bunta dan suara kicauan burung dan monyet liar yang mendiami kawasan hutan cagar alam Lembah Harau, akan memberikan anda pengalaman yang tak bisa dilupakan. Jika anda merasa lapar, maka sajian kuliner khas Limapuluh kota seperti opak besar kuah sate, sate padang, dan menu lainnya, siap memanjakan lidah anda.

Bagi pelancong, lokasi cagar alam Lembah Harau ini, merupakan salah satu spot destinasi yang patut dikunjungi. Paduan tebing-tebing dan hamparan sawah warga, menjadikan lokasi ini salah satu lokasi dengan spot terbaik yang dimiliki Ranah Minang. 

Sampai dilokasi ini, anda juga tak perlu lagi repot keluar untuk mencari penginapan. Sudah banyak home stay yang dibangun dan disewakan untuk pengunjung. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang termurah Rp150 ribu bisa anda jumpai. Keramah tamahan warga di Lembah Harau, juga siap menyambut kedatangan anda.

Anda penasaran? ayo segera kunjungi objek wisata Lembah Harau. Transportasi yang banyak, tentu saja akan mempermudah akses anda dan keluarga menuju ke destinasi ini. Dijamin, anda akan menemui suasana dan pengalaman traveling yang baru dilokasi ini.