Bupati Solsel Sebut Kinerja Pemerintahnya Sudah Lampaui Target RPJMD

Bupati Solok Selatan Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Bupati Solok Selatan Khairunas menyebutkan jika sepanjang tahun 2022 lalu, kinerja pemerintah sudah banyak yang melampaui target dalam RPJMD Pemerintah Daerah 2021-2026. Ia pun berharap agar di tahun-tahun berikutnya menjadi semakin baik meski masih terdapat beberapa catatan yang harus menjadi perhatian.

Luak Kapau Siap Berbenah, Wakili Solsel di Lomba HKG PKK Sumbar

"Pertama, kepada seluruh Perangkat Daerah dalam menyusun Rencana Kerja Tahun 2024 harus mengacu pada RPJMD Kabupaten Solok Selatan 2021 hingga 2026 dalam upaya pencapaian visi dan misi serta program unggulan Bupati dan Wakil Bupati,"kata melalui keterangan resminya, Kamis 2 Februari 2023.

Selain itu kata Khairunas, juga harus memastikan agar program dan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah program prioritas dan bisa dituntaskan dalam satu tahun anggaran atau minimal selesai hingga penghujung periode RPJMD.

Solok Selatan Tetapkan 5 Isu Utama RPJPD 2025-2045

Lalu, karena kondisi pendapatan daerah terbatas dan tingkat ketergantungan daerah dalam pembiayaan pembangunan terhadap dana transfer, maka selaku Bupati dia mengingatkan Kepala OPD untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam penggunaan anggaran serta memprioritaskan pelaksanaan program dan kegiatan di dalam daerah.

Tak cuma itu, Khairunas juga menghimbau seluruh OPD untuk ber inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan serta terus berupaya memaksimalkan pendanaan pembangunan lainnya seperti DAK, program provinsi dan pusat serta peluang lainnya yang dibolehkan oleh peraturan perundang-undangan.

Pemkab Solsel Bakal Lakukan Penataan Parkir di Pasar Muara Labuh

"Seberapa baik dan bekualitasnya sebuah perencanaan, namun bila tidak ada komitmen dan kebersamaan untuk melaksanakannya maka mustahil tujuannya bisa tercapai. Untuk itu kita harus dalam jalur perencanaan yang mengacu kepada RPJMD,"tutup Khairunas.