Pemkab Solsel Maksimalkan Pembangunan Infrastruktur di KPGD

Bupati Solok Selatan, Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Bupati Solok Selatan, Sumatra Barat, Khairunas menyebutkan jika pihaknya kini sedang memaksimalkan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), terutama untuk infrastruktur jalan menyusul, KPGD saat ini sudah menjadi pintu gerbang masuk Solok Selatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

"Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh merupakan Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Solok secara konektifitas, sehingga memiliki arus perdagangan cukup tinggi terutama di bidang perkebunan baik yang dimiliki perusahaan maupun perseorangan,"kata Khairunas melalui keterangan resminya, Senin. 27 Februari 2023.

Ia bilang, di KPGD saat ini masih ada keterbatasan infrastruktur dan sarana prasarana. Juga, terdapat daerah yang belum berkembang sejajar dengan Nagari yang lain di Kabupaten Solok Selatan, sepertinya Jorong Pinti Kayu Untuk memaksimalkan pembangunan tersebut, maka pada 2023 ini pemerintah telah menganggarkan dana senilai Rp 1,1 miliar untuk peningkatan jalan Pinti Kayu-Sapan Salak.

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

"Selanjutnya, kita juga melakukan koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional untuk memperbaiki jalan menuju Solok Selatan, terutama di Air Dingin Kabupaten Solok. Ini akan berdampak pada semakin mudahnya akses masyarakat menuju Solok Selatan, dimana saat ini cukup terganggu dengan kondisi jalan yang kurang baik,"ujar Khairunas.

Khairunas melanjutkan bahwa, tahun ini Solok Selatan mendapatkan jatah perbaikan jalan nasional sepanjang 8 kilometer untuk ruas jalan dari Ulu Suliti hingga ke ibu kota, Padang Aro. Sedangkan untuk 2024 mendatang, pemerintah masih menunggu masukan masyarakat langsung yang didapatkan melalui Musrenbang yang dilaksanakan secara bertingkat mulai dari nagari hingga tingkat kabupaten. 

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

"Diharapkan dengan Musrenbang akan terpetakan rencana pembangunan pemerintah untuk dilaksanakan pada tahun depan,"kata Khairunas.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armen Syahjohan mengatakan tema pembangunan daerah pada 2024 nanti adalah pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title