Solok Selatan Segera Terkoneksi Jaringan Tol Trans Sumatera

Bupati Solok Selatan Khairunas (kiri kedua)
Sumber :
  • diskominfo Solok Selatan

Padang – Bupati Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, Khairunas menyebut jika tidak ada halangan maka wilayahnya dalam waktu dekat akan segera terkoneksi dengan Jaringan Tol Trans Sumatera (JTTS). Menurutnya, upaya lanjutan peningkatan jalan tembus Sungai Sungkai menuju Sungai Rumbai di Dharmasraya, terus diupayakan. 

Keluarga Penerima Manfaat di Solsel Terima Bantuan Beras Pemerintah

"Kemarin kita sudah meninjau ke lapangan. Kita berharap agar usulan kelanjutan pembangunan ruas jalan tembus tersebut, dapat diwujudkan. Agar konektifitas wilayah dan pembangunan ekonomi dapat terus ditingkatkan. Segala persyaratan pun, telah dipenuhi OPD terkait. Harapan kita usulan ini dapat direalisasikan nantinya,"kata Bupati Khairunas, Kamis 2 Maret 2023.

Dia bilang, jalan yang diyakini akan mendorong percepatan pembangunan di kawasan tersebut, juga akan mempersingkat jarak tempuh dan konektivitas masyarakat lintas Provinsi Jambi, Sumbar dan Riau, serta terkoneksi dengan Jaringan Tol Trans Sumatera. 

Ketua DPRD Solsel Sebut Ramadan Momentum Persatuan Masyarakat Pasca Pemilu

Jalur yang juga nantinya akan terkoneksi dengan rencana exit tol Dharmasraya - Rengat kata Khairunas, diprediksi akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan, dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). 

Ruas jalan itu, sepanjang 28 kilometer. Diperkirakan akan menghemat rute perjalanan hingga 217,5 kilometer. Jika diambil jalan berputar ke Lubuk Selasih Solok, jarak tempuhnya dari ibukota Padang Aro mencapai 318 kilometer, sedangkan melalui jalur Sungai Sungkai – Sungai Rumbai diperkirakan hanya sejauh 100,5 kilometer. 

Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Darussalam Solsel

"Ruas tersebut tidak hanya akan dimanfaatkan oleh masyarakat Solok Selatan dan Dharmasraya saja. Tetapi juga akan terkonektifitas dengan masyarakat yang berada di Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Muaro Bungo, dan daerah daerah sekitar lainnya,"ujar Khairunas. 

Lebih lanjut ia menyebutkan, pada tahun 2022 kemarin telah dilakukan pengaspalan dan pengerasan jalan melalui Dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Sumatera Barat senilai Rp 11,5 miliar. Dengan dana tersebut, baru 8 Km  dilakukan pengerasan. Tahun ini, Pemkab Solsel terus berusaha untuk melanjutkan pembangunan jalan strategis tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title