Pemkab Solsel Hadirkan Sarantau Sasurambi Balimau 

bupati Solok Selatan Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Memasuki bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, sebagian besar masyarakat Solok Selatan, Sumatera Barat melakukan kegiatan balimau. Kegiatan ini, dihadiri oleh seluruh masyarakat Solok Selatan dengan beragam kegiatan dari makan basamo hingga hiburan. Bupati Khairunas pun mengajak masyarakat dalam memasuki bulan Ramadan untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban. 

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

"Mari kita jaga Ramadan, jaga keamanan, ketertiban selama melaksanakan ibadah di bulan suci," kata Khairunas dikutip dari keterangan resminya, Senin 20 Maret 2023.

Mengangkat tema Balimau Basamo, Persatuan Kuat, UMKM Hebat, Solok Selatan Melompat, kata Khairunas, merupakan cerminan persatuan, pemberdayaan masyarakat melalui UMKM, demi terwujudnya Solok Selatan maju dan sejahtera. 

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Kegiatan Balimau juga didatangkan artis ibukota, Khairat KDI. Acara ini juga menghadirkan tausiah yang diisi oleh Idris Halim, S.Ag. Dalam penyampaiannya bahwa Baliamau merupakan tradisi dengan makna membersihkan pakaian,  diri, dan membersihkan hubungan antar sesama muslim.

"Mensucikan diri, saling memaafkan,  kita munculkan situasi baru menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. Kemudian, momentum bulan Ramadan hendaknya juga dijadikan sarana untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT,"tutup Khairunas.

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

Untuk diketahui, Balimau merupakan tradisi masyarakat Solok Selatan jelang ramadhan. Biasanya dilakukan kegiatan mandi bersama di sungai-sungai yang ada di kabupaten ini. 

Tradisi Balimau memiliki filosofi untuk membersihkan diri ketika memasuki bulan Ramadhan. Selain itu juga untuk mempertemukan masyarakat, menjalin, dan mempererat silaturahmi.