Pemkab Solsel Terapkan Smart City

Bupati Solsel, Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menuntaskan persoalan tata kelola sosial kemasyarakatan khususnya penatakelolaan infrastruktur wilayah. 

Solok Selatan Semarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan Upacara dan Penghargaan Tenaga Pendidik

Bupati Solok Selatan, Khairunas menilai dengan semakin tingginya tuntutan masyarakat akibat dinamika sosial yang ada, maka dibutuhkan terobosan yang dapat menyelesaikan permasalahan seperti tata kelola infrastruktur seperti perumahan, transportasi, air, listrik dan layanan lainnya.

"Untuk menjawab persoalan tersebut, Pemerintah Daerah sebagai pemangku kebijakan perlu membuat sebuah terobosan, diantaranya adalah dengan menerapkan Konsep Smart City," kata Khairunas melalui siaran pers, Kamis 6 Juli 2023.

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

Menurutnya, smart city merupakan konsep pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing serta selalu meluncurkan inovasi agar masyarakat lebih aman, nyaman, mudah, sehat, dan sejahtera yang didukung dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Ia menegaskan, hal ini juga sejalan dengan terus dilakukannya peningkatan penerapan e-government oleh pemerintah kabupaten selama dua tahun terakhir.

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

Dalam upaya menjadikan Solok Selatan sebagai salah satu smart city di Indonesia, Khairunas menilai dibutuhkan keseriusan dari seluruh elemen, baik pemerintahan dan masyarakat, yang diawali dengan membentuk sebuah Masterplan Smart City Kabupaten Solok Selatan.

"Oleh karena itu, melalui kegiatan bimbingan teknis penyusunan masterplan ini, saya berpesan kepada seluruh elemen khususnya OPD yang membidangi masing-masing sektor beserta stakeholder untuk dapat saling berkolaborasi dalam upaya mewujudkan Solok Selatan maju dan sejahtera,"ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title