Hampir Seluruh Warga di Solsel Kini Punya Jaminan Kesehatan

Ilustrasi
Sumber :
  • Vstory

Padang – Bupati Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat, Khairunas menyebut BPJS Kesehatan resmi menyatakan wilayahnya sebagai daerah dengan Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta dengan cakupan jaminan kesehatan mencapai 95,56 persen.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Predikat itu kata Khairunas, menjamin jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat, baik yang sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan ataupun yang belum tercatat sebagai anggota.

"Sebelumnya, coverage jaminan kesehatan sebesar 83 persen sekarang sudah naik. Tinggal, bagaimana komitmen UHC ini dijalankan sebagai bentuk kepedulian, tanggungjawab, dan komitmen Pemerintah Kabupaten terhadap kesehatan masyarakat,"kata Khairunas, Selasa 11 Juli 2023.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Ia memastikan jika capaian itu sudah sejalan dengan target pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Tinggal melanjutkan program sehingga di tahun 2024, target 100 penduduk sudah memiliki jaminan kesehatan bisa tercapai.

"Kita terus menyesuaikan anggaran untuk bisa mencapai target tersebut. Pemerintah pun memprioritaskan masyarakat rentan dan lanjut usia untuk mendapatkan jaminan kesehatan terlebih dahulu, juga sejalan dengan kepesertaan mandiri,"ujar Khairunas.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Solok Selatan, Desi Oktarina mengapresiasi upaya pemerintah kabupaten Solsel dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya.

"Untuk capaian UHC Kabupaten Solok Selatan per tanggal 1 Juli 2023 sebesar 95,56 persen. Benar sekali (sudah UHC), sesuai target RPJMN 2023 kabupaten dan kota dengan target minimal 95 persen. Sedangkan untuk 2024, target minimal 98 persen dikatakan UHC,"kata Desi.

Halaman Selanjutnya
img_title