46 Narapidana di Solsel Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

Wakil Bupati Solsel Yulian Efi (kiri)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Sebanyak 46 warga binaan alias narapidana di Rutan Kelas IIB Muaralabuh, Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat mendapatkan remisi umum pengurangan masa tahanan sebagai kado spesial hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Remisi itu, diberikan langsung oleh Wakil Bupati Solsel, Yulian Efi Kamis kemarin.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Perolehan remisi merupakan hak pada Narapidana untuk memperoleh pengurangan masa tahanan, hendaknya dapat dimaknai dengan adanya perubahan kearah yang lebih baik nantinya,"kata Yulian melalui siaran persnya, Jumat 18 Agustus 2023.

Terpisah, Kepala Rutan Kelas IIB Muara Labuh, Sarwono  mengapresiasi jajaran pemerintah kabupaten yang memberikan perhatian pada kegiatan pemberian remisi kemarin.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Menurutnya, ini momen pertama Wakil Bupati Yulian Efi, Sekdakab, Syamsurizaldi dan pimpinan OPD ikut memberi apresiasi kepada semua warga binaan, dan berkesempatan juga untuk saling bersilahturahmi.

Lebih lanjut Sarwono mengatakan, pada tahun ini jumlah narapidana yang ada di Rutan tercatat sebanyak 58 orang. Sementara warga binaan yang disulkan untuk memperoleh remisi umum sebanyak 46 orang dan semuanya memperoleh remisi pada HUT ke-78 RI ini.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Penyerahan remisi ini tidak hanya menjadi pengingat akan arti pentingnya kemerdekaan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi narapidana dan anak binaan untuk meraih perubahan dan kesempatan baru dalam hidup mereka,"ujarnya.

Pada upacara penyerahan remisi bagi Narapidana di Rutan Kelas IIB Muaralabuh tersebut, juga dilakukan pemberian hadiah atas perkembangan yang lebih baik dilakukan para Napi selama menjalani hukuman di Rutan.