Pemkab Solok Selatan Memuji Peran KAN dalam Mengawal Tradisi di Era Digital

Tim Penilai dalam rangka Penilaian KAN Tingkat Provinsi
Sumber :
  • Diskominfo Solsel

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengakui peran krusial Karapatan Adat Nagari (KAN) dalam menjaga kelestarian adat istiadat dan budaya daerah, serta mempertahankan nilai-nilai tradisional di tengah arus teknologi yang semakin pesat. 

Walinagari Tak Kunjung Dilantik, Warga Protes ke Camat Koto XI Tarusan

Bupati Solok Selatan, Khairunas, menyampaikan pandangannya saat menerima Tim Penilai dalam rangka Penilaian KAN Tingkat Provinsi di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Selasa 5 September 2023.

"Semoga yang sudah dijalani bisa terus dilestarikan apalagi kalau dapat predikat paling baik. Keberhasilan itu akan jadi energi dan vitamin untuk terus berbuat lebih baik," ucap Khairunas dalam sambutannya dikutip dari siaran persnya, Kamis 7 September 2023.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Menurut Bupati Khairunas, KAN bukan hanya sekadar pelengkap dari keberadaan Wali Nagari. Ia menggambarkan KAN sebagai "titah bagi anak kemenakan" yang menyempurnakan dan melengkapi peran Wali Nagari dalam melestarikan adat di nagari mereka. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Syamsurizaldi, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Asisten, Staf Ahli, serta jajaran Kepala OPD. Dalam suasana yang penuh semangat, mereka bersama-sama merayakan peran penting KAN dalam melestarikan kekayaan budaya daerah di era modern ini.

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

Di era di mana informasi dan teknologi mengancam nilai-nilai tradisional, KAN menjadi lembaga adat yang mampu mempertahankannya secara turun temurun.

KAN Sungai Kunyit terpilih untuk mewakili Solok Selatan dalam penilaian ini karena dianggap sudah mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kondisi saat ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title