Pemkab Solsel Luncurkan Program Nagari Tageh Suka Sapi Suka Durian

Bupati Solok Selatan, Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) secara resmi meluncurkan Program Unggulan (Progul) Nagari Tageh "Suka Sapi Suka Durian" di Nagari Lubuk Gadang Utara pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Program ini merupakan pengembangan dari program Nagari Tageh yang telah dimulai sejak tahun 2020 lalu. Pada tahun 2022, program ini dikembangkan menjadi "Nagari Tageh Suka Sapi" dengan pengintegrasian dengan Progul Suka Sapi alias Satu Keluarga Satu Sapi.

Kemudian, setelah Nagari Lubuk Gadang Utara ditetapkan sebagai Desa Agrowisata Durian oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, maka program ini kembali di-inovasikan menjadi "Nagari Tageh Suka Sapi Suka Durian".

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan, Progul Suka Sapi yang terintegrasi dengan Program Nagari Tageh dan agrowisata durian unggulan di Nagari Lubuk Gadang Utara merupakan upaya peningkatan ekonomi masyarakat dari sektor pertanian dan peternakan.

"Pengintegrasian program Nagari Tageh Suka Sapi Suka Durian akan tercipta kemandirian dan ketahanan pangan pada nagari/kawasan tertentu yang sedang dikembangkan dari hulu hingga hilirisasinya," kata Khairunas melalui siaran persnya, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Selain itu, Khairunas berharap melalui program ini, diversifikasi produk agar dapat dikomersilkan sehingga menjadi motor penggerak peningkatan perekonomian di setiap nagari di Solok Selatan.

Program yang diluncurkan ini dilaksanakan dengan pola pendanaan dari APB Nagari dan pendampingan oleh Tim Universitas Andalas. Dengan menggerakkan sejumlah Kelompok Tani yang terdaftar di Simluhtan Kementerian Pertanian, untuk beternak sapi dari progul Suka Sapi.

Halaman Selanjutnya
img_title