Pawai Prosesi Budaya 'Alek Elok Dalam Nagari' Meriahkan HUT ke-20 Solsel

Pawai Prosesi Budaya
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024 dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Prosesi Budaya. Pawai ini mengangkat tradisi 'Alek Elok Dalam Nagari' atau acara baik yang diselenggarakan masyarakat, diantaranya prosesi manjalang mintuo, turun mandi atau mambaok kaayia anak dan maantaan bali.

Bupati Solok Selatan Serukan ASN Tingkatkan Pelayanan dan Dukung Timnas U-23

Pawai yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan nagari-nagari se-Solok Selatan ini dimulai dari simpang SMPN 3 Solok Selatan dan kemudian finis RTH di Padang Aro.

Tradisi 'Alek Elok Dalam Nagari' sarat akan keragaman budaya di masing-masing nagari Solok Selatan. Walaupun memiliki tujuan yang sama, namun prosesi ini menampilkan prosesi khasanah unik di setiap penampilan peserta pawai.

Survei KedaiKOPI : Mayoritas Masyarakat Puas dengan Rekayasa Lalu Lintas Polri Saat Mudik Lebaran

Bupati Solok Selatan H Khairunas mengatakan bahwa pawai ini merupakan inovasi baru yang membanggakan Kabupaten Solok Selatan.

"Pawai prosesi ini diangkat dari kearifan lokal yang ada di nagari yang harus kita hargai," kata Khairunas melalui siaran persnya, Sabtu 6 Januari 2023.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Keberagaman prosesi budaya kata Khairunas, akan menjadi peluang nagari kita untuk mengembangkan budaya, sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat kita.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, juga mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa pawai ini merupakan kegiatan yang menarik dan informatif.

Halaman Selanjutnya
img_title