Siapkan Masa Depan, Pemkab Solsel Himbau Pelajar Aktif Menabung

Syamsurizaldi
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berupaya untuk meningkatkan kesadaran menabung sejak dini untuk peserta didik di kabupaten. Upaya ini dilakukan dengan bekerja sama dengan sejumlah bank yang ada di Solok Selatan.

"Kita mencoba memberikan edukasi kepada Peseta Didik untuk membiasakan hemat dan menabung untuk masa depan," kata Sekretaris Daerah, Syamsurizaldi, dikutip dari keterangan resminya, Jumat 26 Juli 2024.

Belakangan kata Syamsurizaldi, masih banyak terdengar cara menabung konvensional yang masih dilakukan oleh banyak orang. Namun melalui program KEJAR alias Satu Rekening Satu Pelajar ini diharapkan pelajar semakin akrab dan mempercayai lembaga keuangan seperti perbankan.

Selain itu menurut Syamsurizaldi, ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan transaksi elektronik di daerah.

"Sebenarnya program ini sudah lama dimulai, hanya saja saat ini pemerintah kian serius untuk mendorong pelaksanaannya. Terbaru, pemerintah dan juga ikut memberikan apresiasi kepada sekolah yang giat mendorong siswanya untuk menabung. Apresiasi juga diberikan kepada siswa yang rajin menabung,"ujarnya.

Kepala Bank Nagari Cabang Muara Labuh, Rano Fardian Farid mengatakan perbankan mendapatkan respons positif dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk melaksanakan program ini.

"Kami terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan karena karena didorong, mungkin ini satu-satunya kabupaten yang mendorong program ini. Jadi sinkronisasinya dua arah, OJK juga meminta percepatan ini dan disupport penuh oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan," katanya.