Bantuan Seragam Gratis, Ringankan Beban Orang Tua Siswa di Solsel

Bupati Solok Selatan Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Bantuan seragam gratis untuk peserta didik baru tingkat SMA dan SMK tahun ajaran 2024-2025 se-Kabupaten Solok Selatan menjadi jalan terang bagi orang tua.

Pasalnya, bantuan yang diberikan betul-betul memberikan keringanan biaya Pendidikan anak-anaknya.

Kepala Sekolah SMA 7 Solok Selatan Mairisna mengatakan bantuan seragam ini sangat positif dampaknya terhadap proses belajar mengajar di sekolah yang dipimpinnya. Karena menurutnya sebagian orang tua siswa cukup kesulitan untuk memenuhi kebutuhan seragam.

"Kalau untuk sekolah yang saya pimpin di SMA N 7 Solok Selatan kami membuat kebijakan bahwa siswa boleh tidak menggunakan seragam sampai bantuan seragam ini diserahkan oleh pemerintah. Saya sebagai orang tua juga merasakan betapa banyaknya kebutuhan yang harus disiapkan saat anak akan masuk sekolah, jadi ini sangat membantu," kata Mairisna, Kamis 19 September 2024.

Lebih lanjut, dia menyebut kebijakan ini diambil lantaran memang terdapat beberapa orang tua siswa yang belum bisa memberikan seragam. Sementara yang lainnya memaksakan diri untuk menyediakan seragam putih abu-abu terlebih dahulu.

"Ada beberapa orang tua yang mengusahakan agar anaknya bisa pakai seragam pada hari pertama sekolah. Ketika seragam gratis ini datang, bisa digunakan untuk pengganti, jadi bisa ada dua seragam putih abu-abu. Apalagi kan diberikan dua stel dengan pakaian pramuka," terangnya.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan baru saja menyerahkan bantuan seragam gratis untuk untuk SMA di wilayah Kecamatan Sangir Batang Hari. Pada kecamatan ini terdapat dua sekolah, yakni SMA N 7 Solok Selatan dan SMA N 8 Solok Selatan.