Indonesia Jadi Negara Donor Bantuan Kebencanaan

Kepala BNPB Suharyanto
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Kepala BNPB, Suharyanto menyebut bahwa Indonesia sudah bukan lagi menjadi negara penerima bantuan internasional dalam penanganan darurat.

Sebaliknya, Indonesia dalam beberapa tahun terakhir justru menjadi salah satu negara yang memberikan dukungan internasional kepada negara lain yang terdampak bencana maupun konflik.

Kemampuan Indonesia kata Suharyanto, dalam menangani beberapa jenis kejadian bencana seperti karhutla, tentunya juga harus dimaknai bahwa negara ini sebenarnya memiliki sumber daya dan peralatan yang mumpuni di bidang kebencanaan

"Berharap agar di tahun-tahun berikutnya, ketahanan negara di bidang kebencanaan lebih baik lagi,"kata Suharyanto dikutip dari keterangan resminya, Kamis 3 Oktober 2024.

Suharyanto berkisah tentang bagaimana pengalaman Indonesia yang tidak pernah absen memberikan donor bantuan kemanusiaan kepada negara sahabat seperti Turki, Pakistan, Nepal, Libya, Vanuatu, Myanmar, Papua Nugini, Sudan hingga Palestina.

Menurut Suharyanto, Indonesia sudah 14 kali membantu negara lain. Bahkan, besok juga akan bantu lima negara. Oleh sebab itu, jangan sampai justru bencana di tingkat lokal ini malah tidak bisa mengatasi. 

"Wilayah prioritas karhutla tahun ini seharusnya jadi yang terakhir. Cukup 2023 dan 2024. Tahun 2025 upayakan ini tidak terjadi lagi,” tutup Suharyanto.