Puluhan Peserta Perebutkan Tiket Lolos ke Nasional di Bukittinggi Menyeduh ICC League 2024

Salah satu peserta Indonesia Brewers Championship saat berkompetisi
Sumber :
  • Ade Suhendra

Padang – Komunitas Kopi Bukittinggi Menyeduh gelar kompetisi berskala nasional, Bukittinggi Menyeduh Indonesia Coffee Competition (ICC) League 2024 bekerjasama dengan Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) - Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Bukittinggi Menyeduh ICC League 2024 ini berlangsung sejak Jumat, 11 Oktober 2024 hingga Minggu, 13 Oktober 2024 di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi.

Tahun ini, kompetisi akan meliputi dua cabang, yaitu Indonesia Brewers Championship (IBrC) dan Indonesia Latte Art Championship (ILAC), dimana dua pemenang masing-masing cabang akan maju ke tingkat nasional.

Pembina Bukittingi Menyeduh, Arin mengatakan Komunitas Kopi Bukittinggi Menyeduh sendiri berdiri pada tahun 2022 dan melangsungkan Iven perdana yaitu Compulsery Service yang diikuti oleh 38 peserta. 

"Melihat antusiasme yang besar, pada tahun 2023, Bukittinggi Menyeduh kembali menggelar lomba Brewing dengan format Open Service yang menarik perhatian banyak brewer dari berbagai daerah," kata Arin, Jumat 11 Oktober 2024.

Ia menjelaskan bahwa sebagai langkah besar menuju pengakuan nasional, tahun 2024 menandai kolaborasi Komunitas Kopi Bukittinggi dengan Asosiasi Kopi Nasional, yang menaungi berbagai event kopi di Indonesia. 

"Dalam ajang ICC League, Bukittinggi mendapatkan dua slot, di mana masing-masing cabang akan diikuti oleh 28 peserta untuk IBrC dan 7 peserta untuk ILAC," ujar Arin.