Bayi Anoa Kelima Lahir Sehat di ABC Manado 

Induk dan Bayi Anoa Breeding Centre (ABC), Manado
Sumber :
  • KLHK

Padang – Kabar gembira datang dari dunia konservasi Indonesia. Seekor bayi anoa dataran rendah (Bubalus Depressicornis) lahir dengan sehat di Anoa Breeding Centre (ABC), Manado, Provinsi Sulawesi Utara

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Menurut Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Manado, Heru Setiawan, bayi anoa itu lahir pada Minggu pekan lalu pada pukul 21.56 WITA. Hasil pemeriksaan, bayi anoa itu berjenis kelamin jantan dengan bobot badan 6 kilogram dan panjang badan 52 centimeter.

"Bayi anoa ini lahir dari induk betina Anara dan anoa jantan Rocky,"kata Heru Setiawan, Selasa 18 Juli 2023.

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Heru Setiawan mengungkapkan, proses kelahiran berlangsung secara normal.  Sejauh ini, pengamatan tim dokter hewan ABC menyatakan kondisi induk dan bayi anoa dalam keadaan sehat. Bahkan, bayi Anoa sudah bisa berinteraksi dengan sang induk, menyusu, serta berjalan dengan normal.

"Anoa itu, merupakan keturunan generasi kedua (F2) pertama yang lahir di ABC BPSILHK Manado,"ujar Heru.

Kian Gawat, Status Gunungapi Ruang Naik ke Level Awas

Dilanjutkan Heru, keberadaan ABC Manado merupakan hasil kerja sama antara BPSILHK Manado dengan BKSDA Sulawesi Utara. ABC BPSILHK Manado, diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada tanggal 5 Februari 2015 lalu.

"Selama kurun waktu delapan tahun sejak diresmikan, terdapat 5 kelahiran selamat di ABC Manado dalam kondisi sehat. Bayi anoa pertama bernama Maesa, kedua Anara, lalu Deandra, dan Raden. Saat ini, ABC memiliki 10 individu anoa yang terdiri dari 5 jantan dan 5 betina,"kata Heru.

Halaman Selanjutnya
img_title