Keren, Indonesia Punya Hutan Mangrove Terluas di Dunia

Ilustrasi Mangrove
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI merilis jika hutan Mangrove Indonesia merupakan kawasan hutan mangrove terluas di dunia, mencakup lebih dari 24 persen dari total luas mangrove dunia, yaitu 3,36 juta hektare. 

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

Diperkirakan, terdapat 3,14 miliar ton karbon biru yang tersimpan di hutan bakau, yang menjadi bagian dari upaya Bangsa Indonesia berkontribusi pada dunia untuk mengurangi gas rumah kaca sesuai komitmen kuat Indonesia yang tercantum dalam untuk NDC, yang diantara dicapai melalui penyerapan karbon di Hutan dan Penggunaan Lahan lainnya (FoLU) pada tahun 2030.

Hutan mangrove adalah ekosistem pesisir yang mendukung kehidupan kita dengan mengurangi dampak gelombang dan cuaca ekstrim, melindungi pantai dari abrasi, mencegah abrasi atau erosi, mencegah intrusi air laut, menjadi sumber makanan, rumah keanekaragaman hayati, menyaring polutan, dan mendukung mata pencaharian.

Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

Lokasi Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga yang menjadi objek kunjungan President of World Bank, Ajay Banga beserta Istri Ritu Banga pada Senin kemarin contohnya, merupakan areal pesisir pantai bekas tambak yang ditinggalkan yang kemudian menyebabkan area ini mengalami abrasi sebanyak 3 meter per tahun. Namun setelah dilakukan upaya rehabilitasi mangrove abrasi sudah tidak lagi melanda wilayah tersebut.

https://padang.viva.co.id/ragam-konservasi/2214-presiden-bank-dunia-kepincut-dengan-program-rehabilitasi-mangrove-indonesia

Detik-Detik Harimau Begu Kluti Kembali ke Habitat Asli

Beberapa kisah sukses restorasi mangrove di lapangan yang telah dilakukan di Indonesia, antara lain di Brebes, Jawa Tengah, Suwung, Bali (sebagai lokasi Mangrove Showcase G20 pada tahun 2022) dan, di Taman Wisata Alam Angke Kapuk dimana dapat terlihat kemunculan kembali kehidupan alam setelah upaya restorasi mangrove.

Indonesia telah mengimplementasikan komitmennya dalam rehabilitasi mangrove, dengan memperhatikan kesepakatan global, menentukan target, dan merumuskan strategi, yang kemudian diinternalisasi dalam Rencana Pembangunan Pembangunan Nasional, dan dimasukkan ke dalam Peta Jalan Nasional Rehabilitasi Mangrove Nasional tahun 2021-2030. 

Halaman Selanjutnya
img_title