Presiden Bank Dunia Kepincut Dengan Program Rehabilitasi Mangrove Indonesia

President of World Bank, Ajay Banga
Sumber :
  • Humas KLHK

Padang – President of World Bank, Ajay Banga, melakukan kunjungan lapangan ke Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Provinsi Banten, Senin kemarin. Bersama sang istri, Ritu Banga ia melihat langsung area rehabilitasi mangrove yang menjadi salah satu bagian dari target rehabilitasi mangrove Indonesia.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

Lokasi yang dikunjungi Ajay tersebut, merupakan lokasi dimana upaya rehabilitasi yang telah dilakukan sejak tahun 2017 oleh PT. Perhutani dan juga oleh KLHK sejak tahun 2021. 

Ajay pun, memuji apa yang sudah dilakukan oelh Pemerintah Indonesia. Menurutnya, regenerasi mangrove sangat penting bagi perbaikan ekologi dan juga kesejahteraan masyarakat.

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

"Kami sangat senang bisa datang kesini untuk melihat regenerasi mangrove yang sangat penting bagi ekologi kita, karena mangrove menyerap lebih banyak karbon bahkan daripada pohon-pohon lain, disisi lain ekosistem mangrove juga terbukti memberikan mata pencaharian bagi orang-orang yang bergantung pada mangrove untuk hidup yang lebih baik,"kata Ajay dikutip dari siaran persnya, Selasa 5 September 2023.

Selain itu, Anjay juga memuji peran para wanita yang luar biasa yang telah mengolah mangrove menjadi produk-produk olahan mangrove seperti batik mangrove, makanan ringan seperti keripik, stik, kacang, sirup yang bisa membantu peningkatan perekonomian keluarga mereka.

ASN Padang Tunjukkan Semangat Baru di Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Kehadiran Capai 100 Persen

"Kami baru saja melihat disini para wanita yang luar biasa menggunakan produk-produk mangrove untuk membuat kehidupan yang mandiri, saya pikir ketika Pemerintah Indonesia membuat mereka mandiri, Anda mengubah kehidupan sebuah keluarga. Jadi mangrove tidak hanya untuk berfungsi mencegah erosi tanah, namun juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitarnya," ujar Ajay.

Terpisah, Menteri KLHK, Siti Nurbaya menyebut upaya rehabilitasi mangrove yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia yang salah satunya didanai oleh World Bank. Dari kunjungan ini saya menangkap tiga hal dari Presiden World Bank, pertama terkait perlindungan aspek lingkungan termasuk perubahan iklim. Lalu, ada livelihood kesejahteraan untuk masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title