Presiden Jokowi Tanam 1.700 Pohon di IKN

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Humas KLHK

PadangPresiden RI Joko Widodo melaksanakan penanaman pohon bersama masyarakat di sejumlah titik di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu kemarin. 

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi menanam sebanyak 1.700 pohon di tiga lokasi berbeda, yaitu area Sumbu Kebangsaan 200 pohon meranti tembaga, Miniatur Reforestasi Hutan Tropis 500 pohon bangkirai dan jenis-jenis pohon asli dan endemik Kalimantan lainnya. Sementara di kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) ada seribu pohon campuran, termasuk eucalyptus, pohon keras, dan tumbuhan multipurpose

"Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mewujudkan IKN sebagai smart forest city dengan 70 persen tutupan hijau,"kata Jokowi dikutip dari siaran persnya, Kamis 21 Desember 2023.

Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

Menteri LHK Siti Nurbaya menyebut, dari keseluruhan areal IKN 256 ribu hekatare minimal 70 persen harus hutan. Areal yang terbukanya kita hitung-hitung mungkin antara 54 sampai 70 ribu ha. Secara bertahap akan kita tanami terus. 

"Ini sudah tahun ketiga atau keempat kita menanam. Kita akan tanam terus. Kita juga sudah menanam bersama-sama anak-anak sekolah. Nanti kita selama musim hujan, Bulan Desember sampai Mei atau Juni, kita juga akan terus menanam di seluruh Indonesia, bukan hanya disini," tutup Siti Nurbaya.

Terkait Pemberian Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo, Kritik Muncul atas Kenaikan Pangkat