Bayi Gajah Sumatera Betina Lahir Sehat di Taman Nasional Way Kambas

Kelahiran Bayi Gajah di Taman Nasional Way Kambas
Sumber :
  • Humas KLHK

Padang – Kabar gembira kembali datang dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Setelah suksesnya kelahiran anak badak Sumatera dan anak gajah pada tahun lalu, TNWK kembali kedatangan anggota baru.

Gempa Magnitudo 6,0 Tuban Rusak Sejumlah Fasilitas Bangunan

Pada Senin, 26 Februari 2024, dini hari pukul 00.10 WIB, seekor bayi gajah Sumatera betina lahir dengan sehat di Pusat Latihan Gajah (PLG) TNWK.

Menurut Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK, Nuke Mutikania, saat ini anak gajah itu belum diberikan nama.

Detik-Detik Harimau Begu Kluti Kembali ke Habitat Asli

Anak gajah betina ini lahir dengan berat badan 69 kilogram, tinggi bahu 72 centimeter degan lingkar dada 98 centimeter, panjang badan 87 centimeter, panjang ekor 50 centimeter, lingkar tapak kaki depan 44 centimeter, lingkar tapak kaki belakang 44 centimeter dan kondisi anak dan induk sehat dan normal. 

"Kelahiran ini merupakan kelahiran ke empat dari induk gajah Pleno, yang saat ini berusia 34 tahun. Saat ini induk gajah diberikan makanan tambahan berupa rumput dari ladang pakan, dan Vitamin via injeksi untuk memulihkan kondisi pasca melahirkan dan menambah kualitas air susunya,"kata Nuke Mutikania melalui keterangan resminya, Rabu 28 Februari 2024.

KPU Banten Stop Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan

Sesaat setelah melahirkan kata Nuke, tim Medis Rumah Sakit Gajah PLG TNWK melakukan penanganan intensif terhadap anak dan induk gajah untuk memastikan keadaannya sehat. 

Plt Kepala Balai TNWK, Hermawan menyebut, pada induk gajah Pleno dilakukan pembersihan pada saluran reproduksi dengan menyemprotkan antiseptik dan pada anak gajah disemprotkan pada pusarnya, dalam pantaunya, beberapa jam kemudian anak gajah langsung bisa menyusu ke induknya dan nampak sehat. Dengan lahirnya anak gajah ini maka menambah populasi gajah yang ada di PLG.

Halaman Selanjutnya
img_title