Ratusan Ribu Warga Sumbar Gunakan Kereta Api Selama Nataru

Penumpang Kereta Api Di Sumbar
Sumber :
  • Padang Viva/Humas PT KAI

Padang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatra Barat merilis, sebanyak 107.760 warga Sumbar menggunakan layanan transportasi Kereta Api selama liburan Natal dan Tahun baru. Angka itu, meningkat 88 persen jika dibanding dengan periode Nataru 2021/2022 dimana hanya berjumlah 57.433 pelanggan. 

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

"Rata-rata 5.987 pelanggan per hari. Jumlah pelanggan tersebut melebihi 40 persen dari target yakni 76.788 pelanggan,"kata Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumbar, Mohamad Arie Fathurrochman, Rabu 11 Januari 2023.

Mohamad Arie Fathurrochman bilang, adapun jika dibandingkan dengan tempat duduk yang disediakan sebanyak 117.360 tempat duduk, okupansi Nataru 2022/2023 cukup baik dengan mencapai 92 persen. Melonjaknya volume pelanggan di masa Nataru kali ini, dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

Jelang Idul Fitri Pemprov Sumbar Prediksi Harga Pangan Stabil

“Kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kepada kami untuk bertransportasi di masa Nataru ini.  Secara umum, berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali dengan zero accident,” ujar Mohamad Arie Fathurrochman.

Arie menyebut, jika keberhasilan dalam melayani pelanggan di masa Nataru 2022/2023 ini, akan KAI jadikan momentum untuk melakukan evaluasi secara detail dan komprehensif. 

Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar, Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Sebesar Rp137 Miliar

Termasuk, kepatuhan terhadap pelaksanaan budaya keselamatan serta aspek pelayanan. Hal ini menjadi evaluasi agar seluruhnya berjalan secara optimal dan berkualitas, serta untuk terus meningkatkan efektivitas operasional KAI. 

“Hasil evaluasi ini kami harapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan Angkutan lebaran tahun 2023 yang sebentar lagi akan kita laksanakan,”tutup Arie.