Semburan Abu Vulkanik Marapi Kian Tinggi

Erupsi Marapi, Rabu 11 Januari 2023
Sumber :
  • padang Viva/Adi Prima

Padang – Petugas Pos Pengamatan gunung Marapi, Ahmad Rifandi menyebutkan bahwa, erupsi gunung api Marapi kembali terjadi. Bahkan erupsi yang terjadi pada pukul 10.58 WIB, Kamis 12 Januari 2023 merupakan erupsi dengan ketinggian kolom abu tertinggi yakni mencapai seribu meter dari puncak. 

Kian Gawat, Status Gunungapi Ruang Naik ke Level Awas

Tertinggi sejak pertama kali kejadian pada sabtu pekan kemarin. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan tenggara. Erupsi ini, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5.1 mm dan durasi sekitar 3 menit 4 detik,"kata Ahmad Rifandi, Kamis 12 Januari 2023..

Ahmad bilang, meski terjadi tren peningkatan, namun status Marapi sampai kini masih berada pada status Level II dengan rekomendasi, masyarakat disekitar Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Marapi dan mendekati radius 3 kilometer dari kawah atau puncak.

Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Lagi

Diketahui, semburan abu vulkanik kamerin sudah mulai menghujani lahan pertanian warga di Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar. Syafrial, seorang warga Padang Laweh membenarkan hujan abu vulkanik di area pertanian. Namun menurutnya, abu vulkanik itu belum mengganggu akivitas pertanian warga. 

"Kalau tipis seperti ini bagus buat pertanian kami. Ulat yang ada di tanaman itu bisa mati karena abu ini. Tapi, hujan abu tak baik buat pakan ternak. Jika hewan ternak mengkonsumsi rumput yang terpapar abu vulkanik, maka ternak bisa saja sakit,"tutup Syafrial.

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar