Warga Di Canduang Agam Mulai Cium Bau Belerang

Erupsi Gunung Marapi Sumbar
Sumber :
  • padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Camat Canduang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Noviardi menyebut jika warganya yang tinggal dilereng gunung marapi tepatnya di daerah Cumantiang, Nagari Bukik Batabuah, sudah mulai mencium bau belerang pasca terjadinya erupsi yang terjadi pada Jumat pagi kemarin.  

Tragedi Banjir Lahar Dingin Semeru: 3 Warga Lumajang Meninggal Dunia

Meski demikian, kondisi itu tak berlangsung lama. Hanya berselang setengah jam dari kejadian erupsi. Kondisi ini, disebabkan lantaran arah angin yang semula ke arah barat daya berubah menuju ke arah timur sehingga udara di kampung tersebut kembali normal.

"Kondisi terkini di Nagari Lasi dan Canduang, tidak ada guguran abu vulkanik. Bau berelang yang tercium pun tak lama,"kata Novriadi, Sabtu 14 Januari 2023.

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Sementara itu, Pos pengamatan gunungapi marapi mencatat hingga kini sudah 191 kali gunung marapi mengalami erupsi atau letusan kecil dengan timggi kolom abu bervariasi. Pun dengan tremor masih terekam terjadi secara terus menerus dengan amplitudo 0.5-2.5 mm (dominan 1 mm). 

Kian Gawat, Status Gunungapi Ruang Naik ke Level Awas

Meski demikian, status gunung marapi sampai saat ini masih berada di level II atau waspada. Dengan rekomendasi sama yakni, masyarakat dan pengunjung tidak dibenarkan melakukan pendakian apalagi mendekati radius 3 kilometer dari puncak atau kawah.