Pantau Penanganan Banjir, Kepala BNPB Hari Ini Bertolak ke Manado

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto
Sumber :
  • Doc. Humas BNPB

Padang – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, terbang menuju Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara Sabtu 28 Januari 2023 guna melihat langsung situasi dan kondisi terkini pascabanjir juga longsor, sekaligus untuk memastikan penanganan darurat bencana di sana berjalan dengan baik.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

"Pagi ini kami dari BNPB akan menuju ke Manado untuk melihat langsung seperti apa kondisi terkini sekaligus guna memastikan penanganan darurat ini dilakukan dengan baik dan mengutamakan keselamatan masyarakat. Karena itu adalah hukum yang tertinggi,"kata Suharyanto, Sabtu 28 Januari 2023.

Setibanya di kota Manado, Suharyanto menyebut jika dirinya akan segera melaksanakan rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Forkompimda, guna membahas percepatan penanganan darurat bencana dan antisipasi menghadapi cuaca ekstrem serta potensi bencana yang lainnya.

Warga Lumajang Mengungsi Mandiri Pasca Banjir Lahar Dingin Semeru, 3 Jembatan Rusak

"Usai rapat koordinasi, kita akan meninjau lokasi terdampak dan memberikan bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) beserta bantuan lain berupa logistik dan peralatan, sesuai kebutuhan dasar warga terdampak,"ujarnya.

Suharyanto bilang, adapun bantuan DSP untuk Kota Manado adalah sebesar 500 juta dan logistik senilai 250 juta. Sedangkan untuk peralatan meliputi 2 ribu selimut, seribu matras, seribu terpal, dan 25 tenda dan uang tunai ratusan juta. 

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Lima Korban Meninggal Dunia

Diketahui, banjir di Kota Manado yang terjadi pada Jumat kemarin, merendam kurang lebih 400 rumah di 34 desa dan kelurahan serta 9 kecamatan. Banjir dengan tinggi muka air yang berkisar antara 80 sampai 300 sentimeter itu, telah berdampak pada 3.013 kepala keluarga atau 9.382 jiwa dan merenggut satu korban jiwa.